...semburat ketulusan dalam balut kesederhanaan...

Di Bawah Lima Ribu


Pernah nggak kepikir buat makan dengan harga di bawah lima ribu, apalagi di jaman yang apa-apanya serba mahal kayak sekarang ini? Kalo gue, gue akan menjawab gue pengen makan murah tapi apa iya masih ada?!? Buat gue makanan yang mengenyangkan dengan harga lima ribu aja udah termasuk murah, apalagi kalo inget sekarang ini semua bahan baku mahalnya minta ampun.

Ditambah lagi banyak kasus yang memanfaatkan makanan basi atau kadaluwarsa yang kemudian dikemas ulang dengan kemasan baru yang terlihat menggoda dan dijual dengan harga murah. Makanya sejak isu itu santer banget beredar, gue jadi ogah nyari makanan murah. Bukan berarti sombong dan banyak duit, tapi menurut gue kesehatan itu jauh lebih penting dan lebih berharga ketimbang duit lima ribu yang kita pakai buat membayar makanan murah. Sekarang kita cuma keluar duit lima ribu buat makan, tapi besoknya kita sakit yang membutuhkan biaya beratus-ratus kali lipat duit lima ribu itu. Mendingan mana? Gue sih lebih milih makan mahalan dikit tapi sehat, ketimbang harus bayar biaya pengobatan.


Tapi percaya nggak sih kalo baru-baru ini gue dibikin kaget, takjub, dan terkagum-kagum sama makanan yang gue beli. Ceritanya cowok gue yang lagi sakit pagi itu minta dibeliin bubur ayam. Kebayang nggak pagi-pagi buta gue harus nyari bubur ayam enak dimana? Apalagi mengingat rumah gue itu di daerah yang jarang tukang dagang kelilingnya. Walhasil, sepanjang perjalanan di alternatif Cibubur mata gue ngeliat ke kiri jalan buat nyari tukang bubur yang kali aja lagi mangkal. Akhirnya gue berhasil nemu tukang bubur dengan gerobak warna coklat yang mangkal di depan tempat pencucian mobil yang merangkap sebagai toko keramik. Akhirnya setelah melewati berbagai kegiatan untuk menyiapkan pesanan gue, abang penjual buburnya menyodorkan gue plastik hitam yang penuh berisi kotak sterofoam dan plastik bubur. Pas gue tanya berapa, dia jawab tujuh ribu!! Gue langsung ngambil uang dua puluh ribuan di kantong. And guess what? Si abang ngembaliin duit gue 13ribu! Gue sampai bengong sejenak terus bilang kalau kembaliannya kelebihan. Si abang menjelaskan kalau 7ribu itu adalah total belanja gue (2 porsi bubur ayam). Sumpah, gue sukses melongo! Nggak nyangka hari gini masih ada aja makanan yang dijual dengan harga di bawah lima ribu.
Ternyata, uang lima ribu itu masih sangat berharga banget buat banyak orang. Buktinya gue masih bisa dapet sepiring bubur ayam yang enak, dan pastinya nggak mungkin pake bahan baku basi. Karena bubur kan selalu panas, jadi nggak mungkin kalo pakai makanan basi yang diolah lagi. Udah gitu dari rasanya yang enak dan fresh, sama sekali nggak nunjukkin tanda-tanda penggunaan makanan basi/kadaluwarsa.

3 comments:

Rumah Hijau said...

O...., cowoknya juga bisa saikit toh? Kirain virus2 pada takut sama dia. Hwehehe...

Anonymous said...

hiiii afif harus aku cekokin daging basi tuh! manstabs! hahahaha.ada yg murah mba.nasi kucing cuma 1000-3000 perak-an hahaha.ada loh deket S.parman

Prista Fitrinia Yudawiradharma said...

hahaha..
iya, noh, No..virus2 emang pd takut, tapi batu tnyata lebih berani dr dia..

knp Afif dicekokin daging basi, Muth? emangnya ada nasi kucing di cilacap?!? kok aku nggak tau ya?? :) hehehe..

Post a Comment