...semburat ketulusan dalam balut kesederhanaan...

My Fave Novel(s)

Ketika gue menyatakan sebuah novel masuk kategori 'My Fave Novel(s)'--seperti yang tertera di blog ini, BIASANYA gue punya beberapa pertimbangan simpel.

Jadi mohon maaf yang sebesar-besarnya kalo klasifikasi yang gue buat ini nggak berkenan. Judul-judul lain yang nggak masuk dalam novel favorit gue bukan berarti jelek, kok...cuma aja mungkin nggak memenuhi semua pertimbangan yang gue tulis di bawah ini. Novel yang lain tetap bagus dengan kapasitasnya masing-masing, cuma gue nggak membacanya berkali-kali seperti judul-judul yang gue list di blog ini.

Pertama, novel itu harus meninggalkan kesan tersendiri setelah gue membacanya.

Kedua, novel itu bisa selesai dibaca dalam hitungan jam (sesibuk apapun aktifitas yang gue punya), dan paling lama menghabiskan waktu tidur gue semalaman.

Ketiga, novel itu ending-nya jelas.. Kalopun ending-nya nggantung, setidaknya harus ada sesuatu yang bisa jadi petunjuk kira-kira gimana akhir ceritanya berdasarkan versi gue.


Keempat, novel itu ditulis dengan gaya bahasa sehari-hari.

Kelima, novel itu punya cerita yang ringan (karena pada dasarnya gue membaca untuk mendapatkan sebuah hiburan, jadi kalo apa yang gue baca harus pake mikir, sama aja boong dan tanpa ditunggu, gue akan langsung menyatakan novel itu jelek!)

Keenam, novel itu punya alur cerita yang jelas... at least, kalo menggunakan alur campuran, kelihatan bedanya pada saat perpindahan alur.

Ketujuh, novel itu harus bisa bikin gue sewot (atau apalah yang penting menandakan suatu reaksi diri).

Dan yang penting : novel itu nggak membosankan dan mampu membuat gue membacanya berulang kali!!!

;)

No comments:

Post a Comment