...semburat ketulusan dalam balut kesederhanaan...

ada yang datang, pasti ada yang pergi

Saya selalu bertanya, "kenapa harus ada perpisahan? Kenapa harus ada yang pergi? Bukankah akan lebih baik kalau semuanya tetap tinggal sehingga tidak ada perpisahan dan menciptakan sebuah kebersamaan?" Tapi sampai sekarang, saya tidak pernah berhasil mendapatkan jawaban yang bisa mewakili rasa ingin tahu saya. Karena jawaban yang saya terima selalu sama--selalu klise menurut saya. Mereka selalu menjawab dengan, "karena selalu ada hal baru yang datang, makanya harus ada yang pergi."

Entah berapa banyak waktu yang saya buang percuma untuk mempertanyakan hal tidak penting itu. Yang sebenarnya sudah saya dapatkan jawabannya dari jawaban mereka, hanya tinggal pemaknaan dan pengembangan cara berpikir saya yang harus saya ubah.

Dan pada akhirnya, saya sampai pada sebuah pemahaman bahwa:
Segalanya selalu datang dan pergi, karena tidak ada yang abadi di dunia ini. Ya, the simple-but-important reason-nya adalah: karena memang tidak ada yang abadi di dunia ini. Itu juga yang menyebabkan kenapa selalu ada fase 'datang' dan 'pergi'. Karena kita tidak mungkin memiliki semuanya. Harus ada yang pergi di kala ada yang datang, agar segalanya tidak bertumpuk dan akhirnya memberatkan. Dan sebuah kebersamaan tidak hanya ada pada saat sesuatu datang, tapi juga ketika sesuatu pergi. Karena kita hanya bisa hidup pada satu masa, tidak dalam beberapa masa yang bersamaan.

Seperti hari ini...
Ketika sebuah tahun berlalu dan tahun yang lain datang.
Dan kita menikmati sebuah kebersamaan dalam menyambut datangnya tahun baru itu, yang didahului oleh berlalunya tahun yang lama--walaupun perbedaan waktunya hanya sepersekian detik. Tapi kita merasakannya...merasakan kepergian yang berganti dengan kedatangan dalam sebuah kebersamaan--bahkan dengan orang-orang yang mungkin tidak kita kenal sebelumnya, dalam sebuah keriuhan dan hiruk-pikuk penyambutan di setiap tempat. Tahun lama harus berlalu, karena kita tidak mungkin hidup dalam tahun lama dan tahun yang baru secara bersamaan.

Dan dalam keriuhan dan hiruk-pikuk suasana penyambutan--di setiap daerah di seluruh dunia (yang akhirnya menimbulkan kemacetan dan kepadatan di mana-mana)--akan kedatangan sebuah tahun ini, saya mengucapkan:


Happy New Year 2011
...semoga di tahun yang baru ini akan membawa lebih banyak kebaikan dari tahun-tahun sebelumnya. semoga tahun yang lama berlalu dengan segala kebaikan yang dibawanya untuk kita...

No comments:

Post a Comment